Bangga Buatan Indonesia

Dicanangkan Presiden Jokowi pada 14 Mei 2020, BBI adalah sebuah upaya yang menggabungkan masyarakat, pemerintah, e-commerce, dan pengadaan pemerintah untuk bersama memulihkan kondisi ekonomi Indonesia pasca-pandemi melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Gerakan ini mengapresiasi produk lokal karya anak bangsa dengan memberikan edukasi dan pelatihan kepada UMKM untuk brand building, promosi, hingga penjualan dan transaksi melalui e-commerce, media sosial, dan gerai ritel di pusat perbelanjaan kota besar dalam negeri hingga jaringan diaspora dan pekerja migran luar negeri.

Belanja Cipta Nusantara

Belanja Cipta Nusantara hadir sebagai sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendukung pelaku ekonomi UMKM agar kembali produktif dan terus berkembang demi meningkatkan omzet.

Kemendikbudristek siap membantu UMKM subsektor kuliner, fashion dan kriya di daerah dengan memberikan pendampingan secara online, strategi promosi digital, membangun jaringan penjualan, bersinergi dengan mitra platform lain dan membantu pendampingan dalam pendirian badan hukum UMKM dan pengurusan sertifikat HAKI.

Belanja Cipta Maluku

Belanja Cipta Maluku adalah kegiatan tematik yang dipilih sebagai sentra kegiatan promosi daerah. Berangkat dari filosofi 2 sisi Hati yang tergabung melalui kearifan lokal dan sosial budaya yang berakar kuat akan menghasilkan Karya Kerja Nyata yang berguna dan bermanfaat.